5 Tips Memadupadankan Lantai Vinyl dengan Dekorasi Ruangan

Cara Tepat agar Lantai Vinyl Tetap Serasi dengan Dekorasi Rumah

Sebuah rumah tentu sudah dirancang sedemikian rupa saat awal pembuatannya. Setiap detail dan dekorasi pun selalu menjadi perhatian nomor satu agar rumah tersebut nyaman untuk ditinggali. Terkadang, sentuhan yang unik bisa memperindah suasana rumah, misalnya dengan menggunakan lantai vinyl. Jenis lantai ini biasanya tak luput menjadi incaran orang untuk menghiasi rumahnya. Tetapi, orang bisa saja salah dalam menyelaraskan lantai tersebut dengan dekorasi rumah yang sudah ada. Berikut ini adalah lima tips untuk memadupadankan kedua hal tersebut.

 

1. Pilih corak/motif yang pas

Corak atau motif yang dimaksud ini sangatlah penting. Bila dekorasi rumah Anda sudah menerapkan konsep minimalis, misalnya, maka sebaiknya Anda memilih motif vinyl yang tidak terlalu rumit, misalnya saja motif kayu atau batuan alami. Hal ini untuk menghindari “tabrak” motif di antara keduanya.

Anda juga bisa melihat beberapa referensi dari internet, agar lebih yakin dalam memilih motif yang tepat. Sebaiknya hindari untuk langsung membeli tanpa mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis corak vinyl dan sebagainya.

 

2. Pilih model yang cocok

Secara umum, vinyl bisa membuat rumah Anda menjadi terlihat natural namun tetap anggun. Tentunya sebuah hal yang positif bila setiap tamu yang berkunjung, dapat merasakan suasana tersebut. Anda juga tentu menginginkan hal tersebut, bukan? Karena itu, tips yang tak kalah penting adalah memilih model vinyl yang cocok.

Banyak toko yang jual lantai vinyl dengan berbagai model. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda. Misalnya saja ada model wood effect. Model ini termasuk yang sangat umum digunakan karena kesannya netral dengan dekorasi ruang apapun.

 

3. Pertimbangkan kelebihan bahan lantai vinyl

Tips selanjutnya adalah mengenai bahan vinyl. Beberapa vinyl ada yang berbahan alami sehingga cenderung lebih mudah dibersihkan. Ada juga yang berbahan cocok untuk ruang-ruang tertentu, seperti kamar mandi, tangga, ruang tamu, dan lain-lain. Sebaiknya Anda mengusahakan memilih yang bahannya sesuai dengan ruangan yang akan Anda lapisi vinyl tersebut.

Bila Anda bingung, tips yang aman adalah memilih yang berbahan netral sehingga bisa digunakan di beberapa ruangan tanpa perlu kendala berarti.

 

4. Sesuaikan cara perawatan

Nah, hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah mengenai cara merawat lantai vinyl. Meskipun misalnya Anda memiliki pekerja atau pembantu rumah tangga, namun sebaiknya sebagai pemilik rumah, Anda tahu dan mengerti cara merawat serta membersihkan lantai tersebut. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada penyesuaian dengan dekorasi rumah yang lain.

Ada baiknya Anda mengusahakan untuk memilih jenis vinyl di lantai yang tidak terlalu susah perawatannya, sama seperti perabot lain di rumah Anda. Ini agar prosesnya pun tidak memakan waktu terlalu lama.

 

5. Diskusi dengan designer interior

Tips terakhir dan bisa jadi yang terpenting juga adalah berdiskusi dengan ahlinya, dalam hal ini designer interior. Waktu terbaik untuk berdiskusi adalah sebelum mulai mendekorasi rumah Anda, sehingga proses penyelarasannya pun menjadi lebih mudah. Anda juga bisa hemat dari segi biaya. Banyak lantai vinyl murah yang dijual di toko-toko. Anda tentu menginginkan harga murah dengan kualitas oke, bukan? karena itu, berdiskusilah sebelum memulai mendekorasi.

 

Itulah tadi lima tips yang bisa Anda terapkan. Setiap tips tersebut bisa Anda modifikasi ataupun terapkan sesuai kebutuhan dan keadaan di rumah Anda. Dalam memilih lantai vinyl yang sesuai, tentu akan banyak pertimbangan. Semoga Anda bisa memilih yang terbaik agar mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *