Lebih Mudah Menyekat Ruangan Dengan Menggunakan 5 Langkah Ini

Menghadirkan kesan privat dalam suatu ruangan sebenarnya dapat diraih dengan menyekat ruangan yang ada. Selain memberikan kesan privat ini juga berguna untuk memisahkan ‘ruang’ yang berbeda satu sama lainnya.

Menyekat Ruangan

Ada banyak partisi yang dapat digunakan untuk menyekat mulai dari partisi berbahan gypsum yang dapat dengan mudah ditemukan di tempat jual partisi gypsum sampai partisi kaca. Namun, tentunya selain memahami bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai partisi juga harus dipahami bagaimana cara terbaik menyekat ruangan yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

5 Langkah Mudah Menyekat Ruangan

Untuk memudahkan kegiatan menyekat ruangan tak ada salahnya memahami langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah mudah yang dapat dijalankan ketika akan menyekat ruangan.

1. Pahami Lebih Dahulu Kondisi Ruangan

Pertama yang harus dilakukan adalah memahami bagaimana kondisi ruangan yang akan disekat. Pasalnya kebutuhan untuk setiap ruangan akan berbeda antara satu dan yang lainnya. Itulah pentingnya memahami kondisi ruangan agar dapat mengerti kebutuhan dari ruangan tersebut.

Dari sana dapat dipetakan bagaimana partisi yang dirasa sesuai. Buat desain kasar partisi ruangan nantinya. Semuanya dibuat dengan mempertimbangkan kondisi ruangan yang akan dipartisi. Misalnya luas ruangan, model ruangan serta fungsi ruangan tersebut nantinya.

2. Pilih Model yang Dirasa Sesuai

Selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memilih model partisi yang dirasa sesuai. Ini dilakukan setelah memetakan kondisi ruangan. Ada banyak jenis model partisi yang dapat dipilih. Tentunya setiap ruangan dapat memilih modelnya masing-masing yang dirasa paling sesuai.

Untuk ruangan dengan tema industrial misalkan atau ruangan dengan tema interior khas jepang tentu akan memiliki model partisi yang berbeda. Pemilihan model partisi juga akan berpengaruh banyak pada material partisi yang akan digunakan nantinya.

3. Pertimbangkan Material Partisi

Jika dirasa sudah menemukan model partisi yang sesuai, kemudian yang dapat dilakukan adalah memilih material partisi. Ada banyak material partisi yang dapat digunakan. Mulai dari kayu, kaca sampai dengan material yang umum yaitu plafon atau gypsum yang dapat dengan mudah ditemukan di toko plafon.

Material partisi juga tidak melulu menggunakan bahan-bahan tersebut. Alternatif lain yang dapat digunakan untuk melakukan partisi adalah dengan menggunakan perabotan. Lemari menjadi prabotan umum yang dapat dijadikan alternatif menyekat ruangan. Selain itu juga ada tirai sampai dengan meja.

4. Mulai Menerapkan Rancangan Partisi

Setelah memilih model partisi dan material partisi sekarang tinggal menerapkan rancangan partisi yang dibuat. Saat penerapan rancanan partisi ini besar kemungkinan harus ada perubahan untuk menyesuaikan rancangan dengan kondisi ruangan.

Kalau memang harus dilakukan perubahan tak ada salahnya untuk memastikan perubahan tersebut tidak merubah rancangan partisi secara umum. Kecuali jika dalam kasus-kasus tertentu yang mengharuskan adanya perubahan besar pada rancangan.

5. Buat Partisi Menjadi Lebih Cantik di Finishing

Terakhir setelah semua proses dilalui yang dapat dilakukan adalah mempercantik partisi dalam proses finishing. Dalam proses ini penyesuaian antara partisi dan prabotan dapat mulai dilakukan. Selain itu juga wajib dipertimbangkan masalah penggunaan dekorasi dalam masing-masing partisi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kaca Tempered

Proses finishing memang menjadi penentu yang cukup penting terhadap hasil akhir tampilan nantinya. Jangan sampai partisi yang sudah dibuat justru menjadi kurang menarik karena finishing yang tidak maksimal.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan saat akan menyekat ruangan. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentu semua langkah tersebut harus dilakukan dengan maksimal. Lakukan analisa kebutuhan partisi dengan baik, pilih model dan meterial partisi yang dirasa paling sesuai.

Masalah kualitas partisi juga harus diperhatikan. Pastikan jika partisi di beli di tempat yang terbaik. Untuk partisi gypsum misalnya, pilih toko plafon terbaik yang menjual material tersebut. Begitu juga untuk material lainnya seperti kaca atau kayu. Terakhir jangan lupa lakukan finishing dengan maksimal guna memberikan hasil yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *